JENIS DAN NAMA BURUNG YANG PALING DICARI SAAT INI DAN KISARAN HARGANYA

Kicau99 - Bagi para penggemar burung (kicau mania) mungkin sudah banyak tahu dan faham jenis burung apa saja yang lagi trend saat ini, namun bagi para pemula mungkin belum tahu burung apa saja sih yang ingin dia beli agar tidak salah beli dan salah merawat burung.

Dan berikut adalah beberapa jenis burung yang paling trend saat ini:    

1. KACER

Jenis-jenis Kacer

Untuk di Indonesia yang paling terkenal adalah Kacer Jawa Timur (Jatim) dan Kacer Bogor dan sekitranya atau orang lebih sering menyebut denga Kacer (Jabar) dengan ciri-ciri fisik bisa klik di sini untuk bisa melihat lebih jelas.

Harga kacer : berkisar antara Rp 250 ribu - Rp 1.500 ribuan


2. KENARI




Burung kenari adalah merupakan burung dengan bentuk tubuh yang kecil dengan ukuran tinggi sekitar 8 cm dan pajang sekitar 10 - 12cm. Saat ini burung ini adalah merupakan salah satu jenis burung yang tidak kalah ramainya dan paling banyak diminati oleh penggemar burung atau si penggemar kicau mania. Apalagi jika burung ini sudah mulai berkicau dengan kicauan yang sangat indah dan gacor, itulah yang paling menyenangkan bagi si pemiliknya, apalagi kalo sudah rajin dengan kicauan yang bervariasi atau banyak orang bilang (ngriwik: bhs. jawa) itu lah yang sudah menjadi burung yang paling disukai sama banyak orang.

Harga: Berkisar antara Rp 200 ribu - Rp 900 ribuan (tergantung kualitas)

3. PLECI / CICI (KACA MATA)


Burung yang satu ini sekalipun bentuk badannya kecil dengan warna bulu yang hampir bisa dibilang tidak ada warna jenis lain kecuali hanya kuning dan hijau lumut dan sedikit hitam, berbeda jika dibandingkan dengan kenari yang sangat beragam warnanya dari mulai kuning, orange, putih, coklat, variasi wanra coklat dan kuning, putih dan banyak warna lainnya, burung ini sekarang juga lagi dalam banyak yang paling digemari oleh banyak orang. Sekalipun kecil, karena dengan keunikan suara ocehannya burung ini pada saat sekarang sangat  sering diikutsertakan dalam lomba burng kicauan. Harga: Berkisar antara Rp 20 ribu (bahan dan muda) - Rp 900 ribuan bahkan sampai jutaan (tergantung kualitas)

4. BRANJANGAN 

burung branjangan

Branjangan mempunyai kicauan yang nyaring dan pandai menirukan suara burung lain. Branjangan merupakan burung persawahan/ladang yang suka hidup di area terbuka berumput. Branjangan adalah burung dari bangsa Passeriformes dari famili Alaudidae yang terkenal dapat bernyanyi dengan indahnya. Kepiawaiannya dalam meniru suara burung lain serta gaya bertarungnya dengan cara mengepakan sayap (istilah : ngeper) semakin menambah kesukaan orang untuk memelihara burung ini.

Harga: Berkisar antara Rp 100 ribu - Rp 900 ribuan (tergantung kualitas)

5. CUCAK RAWA / CUCAK ROWO


burung cucakrawa
Cucak rawa biasa ditemukan di payapaya dan rawa rawa di sekitar sungai yang sepi, atau di tepi hutan. Sering bersembunyi di balik dedaunan dan hanya terdengar suaranya yang khas melengking. Suara lebih berat dan lebih keras dari umumnya cucak dan merbah. Siulan jernih, jelas, berirama baku yang merdu. Kerap kali terdengar bersahut sahutan. Di alam, burung ini memangsa aneka serangga, siput air, dan berbagai buah-buahan yang lunak seperti buah jenis-jenis beringin. Menyebar di dataran rendah dan perbukitan di Semenanjung Malaya, Sumatra (termasuk Nias), Kalimantan, dan Jawa bagian barat. Di Jawa Barat terdapat sampai ketinggian 800 m dpl., namun kini sudah sangat jarang akibat perburuan.

Berukuran besar (28 cm), berkepala pucat dengan kumis hitam mencolok. Mahkota dan penutup telinga jingga jerami, punggung coklat zaitun dan bercoret putih. Sayap dan ekor coklat kehijauan, dagu dan tenggorokan putih. Dada abu-abu bercoret putih, perut abu-abu, tungging kuning. Iris kemerahan, paruh hitam, kaki coklat gelap.

Harga: Berkisar antara Rp 2.000.000 - Rp 5 Jutaan (tergantung kualitas)


6. CIBLEK (Prenjak)



Ciblek dikenal juga sebagai perenjak jawa (Prinia familiaris). Burung ini termasuk burung endemik jawa, Sumatera, dan Bali. Burung Ciblek jantan ataupun betina bisa diketahui dari fisik dan warna paruh bagian bawah bulu tubuhnya.

Untuk burung jantan yang masih muda perhatikan pada bagian bawah paruhnya yang berwarna putih apakah ada bagian ujung paruh yang berwarna hitam , karena jika ujung paruhnya berwarna hitam maka sudah dipastikan burung tersebut adalah burung ciblek muda jantan, sedangkan yang betina bagian bawah paruhnya berwarna putih polos.

Harga: Berkisar antara Rp 40 ribu - Rp 700 ribuan (tergantung kualitas)


7. JALAK SUREN


Burung jalak suren berukuran sedang sekitar 24 cm. Bulunya berwarna hitam dan putih. Bagian yang berwarna putih seperti dahi, pipi, garis sayap, tunggir dan perut. Sedangkan bulu di dada, tenggorokan, dan tubuh bagian atas berwarna hitam (coklat pada remaja). Iris mata burung jalak suren berwarna abu-abu. Kulit tanpa bulu disekitar mata berwarna jingga. Paruhnya berwarna merah dengan ujung putih. Sedangkan kaki berwarna kuning. Suaranya seperti teriakan yang ribut, sumbang dan riang. Biasanya burung yang hidup dalam kelompok kecil ini menghuni daerah terbuka dekat pemukiman di dataran rendah. Kebanyakan mencari makan di atas tanah, yaitu cacing dan satwa kecil lainnya. Bergabung dalam kelompok ketika beristirahat pada malam hari.

Harga: Berkisar antara Rp 225 ribu (bahan dan bakalan) - Rp 1.800 ribuan (tergantung kualitas)

8. CUCAK HIJAU (Cucak Ijo)


burung cucak ijo

Sesuai dengan namanya Burung Cucak Ijo memiliki warna dominan hijau dan sedikit warna hitam pada kepala dan paruh. Banyak terdapat di Pulau Jawa, Sumatera, Bali, dan Kalimantan. Burung ini hidup berkelompok di Hutan, dan terbang dari satu pohon ke pohon lainnya yang tinggi.


9. PACA WARNA (ROBIN)

burung pancawarna

Sicantik bersuara merdu itulah sebutan burung panca warna akar (Pitta guajana) mempunyai bulu dengan perpaduan 5 warna yang indah yakni kuning, oranye, coklat, biru dan hitam.Masih kerabat dam keluarga burung robin..jenis brung imut yang disukai oleh kalangan kerajaan di negeri cina.


10. TLEDEKAN 


burung tledekan gunung

Burung tledekan jantan : Pada bagian kepala ada warna biru cerah, sedangkan pada bagian belakang ada warna biru tua, Pada sekitar mata terdapat kedok hitam, Memiliki satu jakun yang berwarna hitam, Pada perut terdapat warna jeruk yang bersinar namun pada genus tertentu seperti vivid niltava berwarna ungu kebiruan.


11. ANIS KEMBANG

burung anis kembang

Anis Kembang merupakan salah satu burung favorit para pecinta burung. Selain merdu dan keras burung ini juga lebih sering berkicau.

Ciri-ciri burung anis kembang adalah warna bulu yang seperti bercak bintik yang terdiri dari warna hitam dan putih pada sayapnya, sedangkan warna bulu kepala, bentuk paruh yang berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang dan berwarna coklat. Anis kembang termasuk tipe burung yang sensitif sehingga membutuhkan kesabaran dan waktu yang untuk memelihara burung ini. Namun burung ini mempunyai sifat manja, sehingga burung ini mudah jinak pada pemiliknya.


12. ANIS MERAH 

burung anis merah

Anis Merah sering disebut juga sebagai punglor merah, punglor cacing, anis bata, atau punglor bata. Burung ini termasuk burung yang populer bagi peghobi kicauan.

Anis merah jantan akan terluhat mendongak dongakkan kepala jika bertemu anis merah lain. Sedangkan anis merah betina tidak, Kalau anis merah betina sedang birahi, maka jika bertemu anis merah jantan yang sedang  bernyanyi atau teler, dia akan menggetar getarkan sayap dan mendongak sembari bersiul kira kira begini bunyinya chiiirrr.


13. MURAI BATU



Burung murai batu adalah burung berkicau cerdas terbaik yang sangat banyak penggemarnya. Burung murai batu disukai karena elegan dari penampilan dan suaranya serta gaya sombong penampilannya serta hebatnya lagi bisa menirukan suara burung-burung yang lainnya tanpa meninggalkan suara khasnya.

Jenis-jenis burung Murai Batu dan asal burung Murai batu yang banyak dikenal di Indonesia adalah Burung Murai Batu Medan, Burung Murai Batu Aceh, Burung Murai Batu Lampung, Burung Murai Batu Lahat, Burung Murai Batu Jambi dan Burung Murai Batu Kalimantan (Borneo). Suara burung Murai Batu sangat merdu dan bervariasi. Burung Murai Batu terutama yang sangat terkenal yaitu murai batu medan adalah salah satu burung penyanyi terbaik yang akui oleh dunia dan dari segi harganyapun bervariasi.

Kisaran harga dari Rp 600 ribu - Rp 3,5 juta dan jika sudah gacor, sudah ikut kontes dan bahkan mendapat kategori juara harga bisa sampai Rp 40 juta bahkan bisa lebih


14. PENTET/CENDET/PLENTET


Burung pentent adalah merupakan burung yang secara postur ukurannya agak sedikit kuran simetris, karena bagian kepala lebih besar dibandingkan dengan ukuran ekor yang relatif kecil, namun demikian pentet/plentet/cendet ini banyak juga yang berminta memeliharanya karena selain warnanya yang indah suaranya pun sangat enak dan merdu untuk diperdengarkan. Burung pentet untuk saat ini adalah merupakan salah satu jenis burung yang sedang banyak digemari oleh para penghobi burung (kicau mania) karena dengan alasan tadi, dan seiring dengan ramainya perburungan maka banyak juga kalangan yang sering mengadakan kontes lomba burung pentet.

Harga burung pentet relatif cukup murah jika dibandingkan dengan kenari, kacer dan murai batu yaitu sekitar Rp 200 ribu - Rp 600 rb (tergantung kondisi dan fisik burung).


15. BURUNG GELATIK

Burung berwarna hitam dan putih dengan postur kecil ini saat ini lagi digandrungi oleh para banyak penghobi burung. Dengan suaranya yang khas yang melengking, sehingga akhir sering burung ini dijadikan sebagai brung master untuk isian burung-burung yang lain untuk mengkombinasikan suara burung yang lain biar lebih bervariasi ocehannya.

Harga Rp 100 rb - Rp 700 rb (jika sudah gacor)


16. KOLIBRI (Colibri)


Ada beberapa jenis burung kolibri di Indonesia yang paling populer, dengan bentuk dan postur tubuh dengan ukuran yang tidak jauh berbeda, berdasarkan jenisnya burung kolibri bisa dibagi menjadi 8, yaitu;

Kolibri Ninja
Kolibri ini yang paling dicari untuk saat ini, karena suaranya yang lebih bervariasi sehingga harganya pin paling mahal untuk sekelas kolibri.

Kolibri Wulung, Kolibri Kelapa, Kolibri Hitam, Kolibri Jawa, Kolibri Gunung, Kolibri Tasik, Kolibri Sepah Raja

Kisaran harga: Rp 100 ribu - Rp 450 ribu


17. CIPOH / CIPO / CIPOW / CITO / SITO / SIRTU


Yang akhir-akhir ini orang sedang mencarinya adalah burung yang satu ini, karena keunikan suaranya, dengan ukuran badan yang sedikit lebih besar dari burung pleci atau kacamata namun dengan model dan corak warna yang hampir mirip.

Kisaran harga : R 50 ribu - Rp 800 ribu


18. LOVE BIRD / LABED


Tidak bisa dipungkiri, burung yang satu inipun sudah merambah terkenal sejak beberapa tahuan yang lalu, dengan harga yang lumayan tinggi, secara sepintas ukuran burung hampir sama dengan burung parkit namun perbedaan harganya sangatlah jauh. Dengan suara yang unik burung ini bisa menarik para penghobi burung untuk ikut memeliharanya baik memang sengaja untuk memeiliki untuk dijadikan burung perlombaan ataupun hanya sekedar sebagai hewan peliharaan saja.

Kisaran harga : R 600 ribu - Rp 1.200 ribu


19. TRUCUKAN / TROCOK


Burung yang satu ini bukan merupakan burung yang dalam kategori mahal dan bahkan keberadaannya pun terkadang tidak begitu dilirik oleh para penggemar kicau mania, karena selama ini belum pernah ada kontes, latber, atau lomba burung kicauan yang menyertakan burung trucukan / trocok, namun sebenarnya tidak kalah cekep suara ocehannya ketika sudah gacor dan pantas juga untuk kita miliki sekalipun sekedar untuk tambahan koleksi saja.

Kisaran harga dari Rp 20.000 - Rp 200.000 rupiah


20. BURUNG PLATUK


Pada beberapa tahun yang lalu ketika orang belum kenal dengan aneka macam hewan peliharaan terutama yang menyangkut tentang burung, burung yang satu ini sama sekali tidak hiraukan oleh orang untuk coba memilikinya sekalipun dikasih oleh orang lain, namun pada akhir-akhir ini dengan berkembangnya peminat burung dari mulai burung yang memang sudah terkenal dengan suara kicauannya yang sangat cantik yang enak didengarkan sehingga dapat memanjakan telinga dan akhirnya ketika orang sudah mulai banyak dikenal oleh para penggemar burung (kicau mania) harga burung langsung secara drastis melonjak tinggi seperti murai batu, kacer, cucak hijau, jalak suren, kenari dan juga berbagai jenis burung lain yang sangat banyak kita jumpai.

Burung platuk. Burung ini memang dulunya tidak ada orang yang suka, namun karena keunikannya saat ini banyak juga yang menggemari dan memeliharanya baik sekedar untuk dijadikan bahan master burung lain maupun untuk dipelihara sebagai tambahan koleksi burung yang dimilikinya.

Demikian yang bisa didampaikan, semoga bermanfaat.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...